Rabu, 30 Mei 2012

Universitas Almuslim Laksanakan Sehari Tanpa Sampah




Bireuen – UKM PA-LH Alaska Unimus, Senin 28 Mei, laksanakan kegiatan Sehari Tanpa Sampah (STS). Kegiatan yang diikuti sekitar 170 orang dari kalangan mahasiswa, dosen, serta civitas akademika lainnya itu dibuka langsung oleh Wakil Rektor II Universitas Almuslim, Drs. Marwan Hamid, M.Pd dan didampingi oleh Ketua dan Ketua Pembina Yayasan Almuslim Peusangan.
Kegiatan ini juga dihadiri oleh perwakilan Mahasiswa Pecinta Alam (Mapala) Se-Aceh yang baru saja mengikuti Rapat PKD Mapala Aceh yang dilaksanakan oleh UKM PA-LH Alaska di Universitas Almuslim sehari sebelumnya tepatnya tangga 26 s/d 27 Mei 2012. Perwakilan yang hadir diantaranya Mapala STIK Banda Aceh, Unmuha Aceh, Gainpala IAIN Ar-Raniry, Mapala Serambi Mekkah, Mapala JE Jabal Ghafur Sigli, Tarantula UTU Meulaboh, Mahagapa Gajah Putih Takengon, Umpal Unimal, Mapala STAIN Malikussaleh, Mapala Edelwies Poltek Lhokseumawe, Mapala STAIN Zawiyah Cot Kala Langsa, serta Alaska Unimus sendiri selaku tuan rumah.
Kegiatan yang berlangsung setengah hari tersebut berjalan lancar dan sukses. Ketua Panitia kegiatan, Rizky Fajar dalam laporannya menyebutkan bahwa kegiatan tersebut merupakan bagian dari paket kegiatan Bumoe Tajaga 2012 dalam rangka memperingati hari lingkungan hidup se-dunia 2012. Kegiatan ini juga merupakan agenda rutin tahunan UKM PA-LH Alaska dalam mengimplementasikan tujuannya sebagai sebuah lembaga kepecinta alaman dan pelestarian lingkungan.
Dalam sambutannya, Wakil Rektor II mengharapkan kegiatan serupa terus berlanjut secara berkala. “semoga nama Sehari Tanpa Sampah (STS) bukan hanya dilaksanakan sehari saja dalam setahun, tapi kita harapkan kepada UKM PA-LH Alaska agar dapat melaksanakan terus secara berkelanjutan supaya suasana kampus selalu bersih dan indah.
Pada aksinya, panitia bersama peserta melakukan pembersihan di area kampus Universitas Almuslim, desa Neuhen serta kawasan Keude Matang. Selain mengutip sampah, panitia juga membagikan Surat Himbauan bersama untuk menjaga dan melestarikan lingkungan kepada masyarakat seputaran kampus dan Keude Matang yang ditanda tangani langsung oleh panitia, Rektor Unimus, LPPM Unimus serta Muspika Peusangan.
Kegiatan yang terlaksana atas kerjasama UKM PA-LH Alaska Unimus, LPPM Unimus serta Prodi Biologi tersebut juga bertujuan menyadarkan masyarakat terutama mahasiswa selaku kaum intelektual akan pentingnya menjaga lingkungan agar bersih, indah dan nyaman untuk kehidupan.
Aksi yang berlangsung sekitar 2 jam tersebut mengambil start dihalaman kampus induk dan finish dihalaman kampus selatan Unimus. Selain itu aksi STS ini juga didukung sepenuhnya oleh Muspika Peusangan. Tapi sayangnya Muspika tidak dapat berpartisipasi dalam kegiatan tersebut. –rf-




1 komentar: